Popular Post

Posted by : Hasma Rabu, 29 Januari 2014

   Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur. Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT.

   Kota Bontang sebagian besar terdiri dari laut yaitu sekitar 70% dari wilayah Bontang. Oleh karena itu potensi hasil laut   Bontang sangat besar antaranya ikan dan rumput laut.


   Di kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, Badak NGL(gas alam), Pupuk Kalimantan Timur (pupuk dan amoniak) dan Indominco Mandiri(batubara) serta memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Kota Bontang sendiri merupakan kota yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan.


Selain ketiga perusahaan besar tersebut, di Kota Bontang juga terdapat industri Kecil dan Menengah ( IKM ) atau lebih terkenal dengan sebutan industri rumah tangga. Industri – industri ini tersebar cukup merata di setiap kecamatan di Kota Bontang.Produk yang diproduksi oleh IKM terdiri dari produk makanan dan kerajinan. Untuk produk makanan terdapat berbagai jenis produk yang dihasilkan, antara lain : amplang ikan, ampalang rumput laut, mpek-mpek, nugget dan sosis ikan, manisan rumput laut, dodol rumput laut, stik rumput laut, sirup magrove, teri borneo, terasi, dan lain-lain. Sedangkan produk kerajinan antara lain : batik motif khas Bontang, tas dari batok kelapa, tas rajut dari tali kur, tas dari manik-manik dan hiasan dari akrilik, dll.


   pemasaran produk tersebut telah tersebar hingga ke luar daerah. Pemasaran ini dilakukan dengan melakukan sistem konsinyasi dengan para pemilik toko. Khususnya di Kota Bontang, terdapat wadah penjualan yang difasilitasi oleh Dinas Perindagkop & UMKM Bontang yang dikenal dengan nama UKM CENTER.


   Bagi yang berkunjung ke Kota Bontang, silahkan sempatkan berkunjung ke UKM CENTER untuk membeli oleh-oleh khas Bontang...





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -